ADVERTORIAL

Menambah Pendapatan Daerah

Pemkab Rohil Kelola Wisata Jando Air Gatal Sebagai Taman Wisata Daerah

Image
Monday, 16 October 2017 | 22:05:19 WIB 546

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kini tenggah menggali potensi daerah dari sektor wisata untuk dijadikan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah, objek wisata yang belum tergali secara maksimal kini sudah mulai dikembangkan menjadi destinasi wisata di Kabupaten yang berada paling utara Propinsi Riau ini.

Untuk memanfaatkan Icon tersebut, Pemkab Rohil akan mengembangkan Danau itu sebagai salah satu Objek Wisata Rohil. Pasalnya, selain tempat nya bagus juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Nah, Jika danau itu dikembangkan dengan serius maka sangat diyakini akan mampu menarik Wisatawan Untuk berkunjung, "Kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp kepada awak media.

"Jika Danau janda air gatal itu kita olah maka hasilnya sangat Luar Biasa yang secara Otomatis akan mampu menambah Pendapatan asil daerah (PAD) disektor kepariwisataan. Karena lokasinya sangat bagus dan menawan, apalagi selama ini masyarakat banyak memanfaatkan danau tersebut sebagai wisata memancing ikan. Jika ini dikembangkan maka kepenghuluan parit aman akan ramai dikunjungi, "Ujarnya.

Pemkab rohil akan mengembangkan wisata danau janda gatal itu sebagai salah satu objek wisata andalan negeri seribu kubah secara serius. Pasalnya, Danau itu selain memiliki pemandangan yang indah juga menyimpan berbagai jenis ikan darat seperti ikan gabus, ikan Nila, Sepat siam, ikan Bada, Ikan Puyu-puyu, dan jenis ikan darat lainnya.

Terkait dengan taman rekreasi Bypark yang pernah digagas Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) beberapa waktu yang lalu untuk sementara ditangguhkan. Karena Pemerintah Rokan Hilir saat ini lebih kosen menggarab Danau Jando Air Gatal di Kepenghuluan Parit Aman Kecamatan Bangko, yang juga tidak terlalu jauh dari pusat ibu kota Bagansiapiapi.

Demikian hal ini disampaikan Kepala Dinas Parawisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Rohil H Ali Asfar S,sos, melalui Sekretaris Disparpora H Hermanto.

Kata Hermanto, pengembangan Danau Jando Air Gatal yang lebih kurang 5 Km dari pusat Ibu kota tersebut akan dijadikan sebagai Destinasi Taman Rekreasi yang akan dikelola oleh Pemerintah Daerah, juga dapat pula sebagai objek baru bagi penerimaan Daerah, baik berupa Pajak maupun retribusi yang akan berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Harapan lain yang tak kalah pentingnya dari pengembangan Danau Jando Air Gatal ini adalah untuk menciptakan lapangan kerja, menyediakan jasa yang dibutuhkan pengunjung, juga membuka peluang baru bagi pedagang kecil dan menengah untuk berjualan disekitar lokasi Taman Rekreasi," sebut Hermanto.

Lanjut mantan Kabag Humas ini, dilokasi Jando Air Gatal nantinya akan juga buat Insan kreatif dan Insan Seni, Pemerintah juga akan menyediakan ruang berkresi dan berproduksi, sehingga hasil produk dari Insan-insan kreatif dan produk Kelompok Usaha Enonomi Kreatif lebih mudah dipasarkan.

"Sebelum ini, dalam meningkatkan kesejahteraan, cara yang dilakukan Pemerintah selalu memberikan bantuan, ternyata dengan cara tersebut bantuan yang diterima masyarakat banyak yang tidak bisa berkembang dan yang menerima bantuan cenderung pasif dan tidak menjadi produktif,"terang Hermanto.

Oleh karena, dalam Upaya meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemerintah melalui Disparpora Rohil akan coba mengubah paradigma dari Memberikan Bantuan diubah dengan pendekatan Memberdayakan dan Menyediakan Kesempatan.

"Artinya Pemerintah menyediakan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh keterampilan diantaranya bagaimana meningkatkan nilai ekonomi suatu barang mentah menjadi bahan jadi. Bagaimana mengolah bahan limbah menjadi suatu produk seni yang bernilai ekonomi.

Bagaimana masyarakat kita bisa memanfaatkan kesempatan yang disediakan, selain memerlukan proses juga diperlukan komitment bersama. Terutama para Birokrat sebagai lokomotif pembangunan.

"Komitmen Pemerintah tidak hanya menyediakan kesempatan, memberikan pelatihan keterampilan dan menciptakan suatu produk, Pemerintah atau Birokrat juga harus bersedia mencari dan menjadi pangsa pasar dari produk usaha kreatif masyarakat," ujarnya. ( Adv Humas Pemkab Rohil )

 

 

 


Sumber : Adv Humas Pemkab Rohil

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Adv Pemprov Riau
Post
rohil
Post
bengkalis
Post
Riau
Post
Nasional
Post
Nasional
Post
inhu
Post
Nasional
Post

2016, Pulau Tilan Mulai di Kembangkan

2 tahun yang lalu 1028