Surau TV

Banner

Dandim Rohil Intensifkan Patroli Karlahut

Image
Monday, 21 March 2016 | 06:07:33 WIB


ROKAN HILIR - Kondisi cuaca yang dinilai panas yang terjadi di wilayah Kabupaten Rohil sangat berpeluang terhadap munculnya masalah kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

Seiring dengan itu, sejumlah anggota dari Kodim 0321/Rohil mengintensifkan patroli di beberapa daerah rawan guna mencegah munculnya Karlahut.

‘’Patroli di daerah rawan Karlahut sudah kita intensifkan’’ kata Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo ketika menghadiri Rapat Koordinasi Karhutla di Mes Pemkab Rohil di Jalan Perwira Bagansiapi-api.

Patroli ini dilaksanakan, lanjut Bambang, baik saat ditemukan titik api maupun sebaliknya. Bila dalam patroli ditemukan titik api, segera diambil langkah-langkah dini sebagai bentuk penanggulangan dini.

Yakni melakukan aksi pemadaman dengan melibatkan unsur terdekat di lokasi titik panas. ‘’Seperti melibatkan unsur terkait serta relawan peduli api yang terdapat di setiap daerah,’’ kata Dandim.

Sebaliknya, lanjut Dandim, bila dalam patroli tidak ditemukan titik panas, maka langkah yang dilaksanakan yakni melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. ‘’Intinya, untuk mencegah Karlahut harus dilakukan bersama,’’ kata Dandim.

Seiring dengan itu, langkah lain yang telah dilakukan untuk mencegah masalah Karlahut yakni membangun sejumlah sekat kanal di beberapa daerah rawan.

Termasuk di wilayah Kecamatan Bangko yang tersebar di belasan titik daerah rawan karhutla. Pembuatan sekat kanal tersebut dilakukan oleh anggota Kodim 0321, Polres dan pihak kecamatan beserta masyarakat.(fr/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...