Pulau Cawan Potensi Wisata Mangrove Inhil

Image
Wednesday, 20 January 2016 | 00:25:30 WIB 1138

TEMBILAHAN - Selain Pantai Solop dan Air Terjun 86, Kabupaten Indragiri Hilir juga memiliki potensi wisata alam lainnya, yakni wisata hutan mangrove di Pulau Cawan.Potensi wisata tersebut sudah ditinjau langsung Bupati Inhil, HM Wardan akhir pekan lalu bersama sejumlah pimpinan daerah lainnya.

"Hutan Mangrove ini sungguh indah dan wajib kita lestarikan, karena bisa jadi potensi wisata yang sangat menarik jika dikembangkan dengan maksimal, " ujarnya, kemarin.

Jelasnya lebih jauh, hutan Mangrove atau yang lebih dikenal dengan hutan Bakau itu di Inhil selama ini tumbuh dan berkembang dengan sendirinya secara alami.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Inhil, Wiryadi yang sempat ikut melihat langsung hutan Mangrove Pulau Cawan, dimana menurutnya kekayaan ekosistem hayati daerah itu perlu ikut dilakukan berbarengan.

"Selain mengamankan tumbuhan Bakau, kita juga harus berusaha memelihara dan mengembangkan keragaman hayati lain, seperti Udang dan Kepiting, sehingga akan menambah data tarik untuk dikunjungi, " jelasnya.

Seperti diketahui dari data yang ada, di Indonesia terdapat lebih kurang 79 jenis Mangrove,  60 jenis diperkirakan ada di Kabupate Indragiri Hilir, khusnya di Pulau Cawan Kecamatan Mandah.

"Seperti namanya, Pulau Cawan dikelilingi banyak sungai kecil, sehingga menambah elok pemandangan, potensi ini ke depan akan terus kita kembangkan, " tukas Wardan. (fr/van/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...