Surau TV

Banner

Cegah Karhutla, RUJ Bangun Canal Blocking

Image
Saturday, 26 December 2015 | 03:45:48 WIB


TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN - Untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di rohil, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi riau meninjau pembangunan sekat bakar dan canal Blocking diareal hutan yang dikelola oleh PT Ruas Utama Jaya (RUJ) yang terletak dikepenghuluan Labuhan papan, kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, rabu (23/12) kemaren.

Peninjauan pembangunan Canal Blocking yang dilakukan oleh PT RUJ itu dipimpin oleh Kepala Bidang (kabid) pengendalian kerusakan lingkungan BLH propinsi riau, Reni Nurhaeni didampingi Humas Perusahaan RUJ Zulkifli Amran, Bhabinkamtibmas kepenghuluan Labuhan papan Briptu AP Siregar, Danramil tanah putih, para sekdes, dan MPA Labuhan Papan.

Reni Nurhaeni mengatakan sekat bakar merupakan area genangan air yang fungsinya sebagai cadangan jika terjadinya karhutla, sedangkan Canal Blocking merupakan alur air yang bisa dimanfaatkan untuk proses distribusi maupun cadangan air dengan pengaturan debit air sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dilapangan. "Dengan pembuatan sekat bakar berarti perusahaan menyadari sistem pencegahan karhutla, " katanya.

"Dengan peninjauan ini guna memastikan progresnya sudah sejauh mana,kami juga melihat bagaimana kerjasama perusahaan dengan masyarakat sekitarnya karena ini kan kategori areal Pengunaan Lainnya (APL), "ujar Reni.

Dilanjutkan, pihak perusahaan telah menerapkan canal blocking, namun kita harus memastikan pembuatannya sesuai dengan pedoman teknis, pengaturan tinggi muka air sehingga tidak ada masalah terhadap pergantian musim. "Jika musim penghujan arealnya tidak kebanjiran, begitu juga kalau musim kemarau lahan yang ada tidak sampaikekeringan, harus dipantau dan diatur," kata Reni.

Sementara itu Humas PT RUJ, Zulkifli Amran mengatakan, perusahaan konsen dalam upayamencegah karhutla Dengan mengalakkan pembuatan canal blocking dititik yang telah ditentukan. Selain itu perusahaan punya dua menara untuk pemantauan jika terjadi kebakaran serta nantinya pemasangan cctv di radius 10 kilometer untuk maksimalkan pengawasan.

"kita tetap mengedepankan kerjasama dengan masyarakat untuk sama-sama mengatasi dan peduli dengan kondisi lingkungan, "terangnya singkat. (***)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...