Surau TV

Banner

Pencipta Himne dan Mars Rohil Tutup Usia, H Misran Rais Dimakamkan Secara Militer

Image
Wednesday, 23 December 2015 | 05:25:20 WIB


BAGANSIAPIAPI - Salah satu Pejuang kemerdekaan sekaligus pencipta Himne dan Mars Rohil tutup usia pada senin (21/12) sekitar pukul 17.14 wib kemaren di rumah sakit awal bross pekanbaru. Dikarenakan Putra terbaik negeri seribu kubah ini Memiliki beberapa tanda jasa dan penghargaan, maka dimakamkan ditaman makam pahlawan kesuma bakti secara Militer.

Putra kelahiran kabupaten bengkalis, 28 agustus 1928 itu menghembuskan nafas terakhirnya dirumah sakit awal bross, pekanbaru karena mengalami komplikasi. Jenazah almarhum disemayamkan dimusala Al-fath jalan siak dan kemudian dimakamkan ditaman makam pahlawan secara militer.

Salah satu cucu Almarhum, Yevi Mariarce mengatakan, kakeknya meninggal karena mengalami komplikasi jantung. Sebelum dirujuk kepekanbaru, kakeknya itu sempat dirawat di klinik fatima yang terletak dijalan utama, bagansiapiapi, "katanya.

Ribuan Pelayat dari berbagai daerah berdatangan kerumah duka yang terletak dijalan pahlawan (depan RSUD Dr RM Pratomo) Bagansiapiapi. Dari Ribuan pelayat itu terlihat Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Plt Sekdakab Rohil Surya Arfan, Anggota DPRD Riau asal Rohil diantaranya Karmila sari, Asri Auzar, Husaini Hamidi, Siswadja Muljadi, Firdaus, Manahara Manurung sertu sejumlah pejabat pemkab Rohil lainnya.

Ribuan pelayat mengiringi jenazah sang pahlawan sekaligus seniman rohil itu ketempat peristrahatannya terakhir sekitar pukul 13.20 Wib. Dalam upacara militer ini pasukan TNI menembakan lima peluru keudara sebagai tanda penghormatan. Semasa Hidupnya, Almarhum selalu aktif menghadiri berbagai peringatan hari besar yang dilaksanakan pemkab Rohil meskipun dengan menggunakan kursi roda.

Selain itu, karya nyata almarhum selain himne dan mars rohil ternyata almarhum juga mencipta lagu Gapensi Riau dan lagu sri gemilang yang sering dinyanyikan mantan Gubri HM Rusli Zainal. Bupati Rohil H Suyatno menyampaikan turut berbela sungkawa atas wafatnya putra terbaik rohil itu.

"Saya sudah dapat kabar dari tadi malam, hari ini saya ikuti prosesi pemakaman ditaman makam pahlawan kesuma bakti, saya yakin jasa beliau tak akan pernah hilang dan akan terus diingat sepanjang masa, "ujarnya. dirinya juga mengucapkan selamat jalan pahlawan dan seniman rohil, semoga ditempatkan disurganya allah, kami selalu mengenang jasamu, "ucap Suyatno. (***)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...