Puncak Bakti Hari Nusantara Dipadukan dengan Mandi Safar di Rupat Utara

Image
Friday, 13 November 2015 | 18:55:11 WIB 1672

Bengkalis -Puncak Bakti Hari Nusantara tingkat Kabupaten Bengkalis pada tahun ini akan dilaksanakan di Rupat Utara. Kegiatan yang rencananya akan dipadukan dengan ritual Mandi Safar ini akan diisi dengan berbagai perlombaan maupun permainan rakyat serta kegiatan lainnya yang bernuansa pesisir.

Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis, Amril Fakhri kepada wartawan mengatakan, akan ada perlombaan seperti membakar ikan. Lomba ini diadakan karena Rupat Utara merupakan destinasi wisata unggulan tidak hanya di Kabupaten Bengkalis melainkan juga Riau. Untuk itu, motivasi masyarakat, khususnya masyarakat nelayan dalam mengolah hasil perikanan menjadi makanan yang lezat dan nikmat perlu dilakukan.

''Salah satunya adalah bakar ikan, karena wisata pantai ini kan identik dengan bakar ikan,'' kata Amril Fakhri, Kamis (12/11/2015).

Tidak hanya itu, sejumlah kegiatan lainnya juga telah disusun oleh panitia. Ada kegiatan bersih-bersih pantai, pemberian penghargaan kelompok nelayan dan masyarakar pesisir, bantuan perlengkapan sekolah untuk anak nelayan sebanyak 100 orang, pameran produk olahan perikanan kelautan, dan penampilan seni tradisional masyarakat pesisir.

''Kita optimis, kegiatan ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat. Terutama dalam menjaga kelestarian alam,'' kata Amril lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) H Eduar membenarkan tentang pelaksanaan acara Mandi Safar yang serentak dengan Bakti Hari Nusantara.

"Kegiatan ini nanti akan digabung dengan kegiatan Bakti Hari Nusantara 2015. Kita sudah saling koordinasi, termasuk koordinasi dengan Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan masyarakat setempat," ujar Eduar seraya menambahkan kalau kegiatan Mandi Safar akan diadakan di Pantai Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, 2 Desember mendatang.(***)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...